Rabu, 24 Agustus 2016

Cara Mengatasi Blog yang Mendapatkan Peringatan DMCA atau Melanggar Hak Cipta

Halo sobat blogger. Saya baru saja mendapatkan teguran dan pengalaman yang mengejutkan nih. Baru 2 hari yang lalu blog saya mendapatkan surat cinta dari google. Dalam suratnya bertuliskan blog saya terkena pelanggaran hak cipta. Bukanya saya seneng, tapi malah kecewa.

Awalnya saya iseng-iseng melihat blog yang sudah lama tidak saya buka. Tiba-tiba saya mendapat pemberitahuan seperti ini :

Blog Melanggar Hak Cipta dan Mendapatkan Peringatan DMCA


Setelah itu saya mencoba melihat e-mail dan mendapatkan pesan seperti ini :

Blog terkena DMCA


Dan saya di beri 3 pilihan, antara menghapus artikel yang melanggar, mengedit dan menghapus isi konten yang melanggar, dan jika kalian membantah pelanggaran hak cipta dan merasa apa yang ada di dalam konten sepenuhnya milik dan buatan anda, kalian juaga bisa mengajukan klaim balasan.

Baru pertama kalianya saya mendapatkan pemberitahuan seperti ini, jadi saya sedikit panik dan mencari cara untuk mengatasinya agar tidak berdampak buruk badi blog saya. Dari Browsing ke berbagai blog dengan banyak orang yang mendapatkan pengalaman sama seperti saya. Akhirnya saya mendapatkan solusi dan cara untuk mengatasinya.

Saya memang mengakui blog yang saya buat dulu memang melanggar. Ada banyak penyebab blog kita terkena sangsi DMCA, jika kalian membuat blog Copas dan blog Streaming dan Download dengan file bajakan yang bukan sepenuhnya hak milik kalian. Maka kemungkinan blog kalian akan terkena pelanggaran hak citpa oleh DMCA. 

Walaupun dalam artikel kalian tidak meletakkan file bajakan, tapi judul artikel dan isi dari artikel kalian menggarah ke hal-hal yang melanggar kebijakan DMCA. maka blog kalian tetap ajan terkena teguran. 

Memang tidak semua blog copas dan blog download mendapatkan peringatan, mereka yang mendapatkan email hanya blog-blog yang di laporkan. Jadi jika blog kalian tidak ada yang melaporkan, jadi masih aman-aman saja. Tapi yang namanya menyimpan "bangkai busuk", lama-lama baunya akan tercium juga. Jadi buat kalian yang sudah biasa dan sudah sangat sering membuat blog copas dan download saya sarankan berhati-hati.

Dan bagi kalian yang bermain Adsense, saya sarankan untuk berhati-hati dalam membuat artikel, jangan sampai artikel kalian melanggar kebijakan Adsense dan harus lolos dari DMCA, kalau melanggar maka adsense kalian akan di banned.

Jadi jika kalian yang sudah terlanjur mendapatkan teguran oleh DMCA, maka hal yang harus kalian lakukan adalah menghapus konten yang bersangkutan. Setelah itu kalian mengirim permintaan maaf berisi blog yang sudah di hapus.

Solusinya mudah saja, kalian hanya perlu membalas E-mail dan membuat kata-kata seperti di bawah ini :
  • kata-kata minta maaf sudah melanggar hak cipta
  • mengatakan sudah menghapus konten yang bermasalah
  • cantumkan URL konten yang sudah terhapus
Saya sarankan kalian menggunakan bahasa inggris saat mengirim E-mail balasan. Jangan kawatir jika kalian tidak bisa berbahasa inggris. Itu karena sudah ada Google Translate yang membantu menterjemahkannya.

Jika masih bingung saya akan memberikan contoh E-mail balasan dengan bahasa inggris.

I am sorry for my articles infringing copyright
I've removed the content in question
URL removed:
http://sbagaicontohsaja1234.blogspot.com/2016/07/satu-dua-tiga-empat-lima-enam.html

Kalian tinggal membalas email dengan kata-kata seperti di atas. Saya sarankan saat menghapus konten, kalian juga remove URL yang bersangkutan di Webmaster tools. Itu membuktikan kalau kalian benar-benar menghapus konten yang bermasalah tersebut. Itu juga mencegah blog kalian di hapus oleh google.

Peringatan!!!
Ingat jangan mempublikasikan konten yang terkena pelanggaran DMCA tanpa mengedit dan menghapus isi konten yang melanggar hak cipta, jika kalian tetap mempublikasikan maka kalian akan mendapatkan peringatan keras, bahkan blog kalian akan di suspend atau di hapus oleh google.

Baca juga :
Tag :
Mengatasi blog terkena peringatan DMCA
Peringatan DMCA

Share this

5 Responses to "Cara Mengatasi Blog yang Mendapatkan Peringatan DMCA atau Melanggar Hak Cipta"

  1. mudah-mudah blog saya nggak ada yang sampai melanggar hak cipta...
    sukses mbak niluh

    BalasHapus
  2. berapa hari min pas compalin ke dmca responya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. pas mau nglaporin blog orang karena copas perlu waktu satu sampai semingguan. bisa diterima bisa gak, walaupun gak diterima terus ajukan, nantik lama-lama akan diterima, dan jika si pelaku publis artikel yang di copas lagi, dalam sebulan bisa kembali ajukan pelanggaran DMCA. dan jika sampai 3 x dia mendapat teguran maka blognya akan dibanned google.

      Kalau kamu yang kena peringatan DMCA, saat mengirim pesan tidak akan ada balasan, kamu perlu hapus artikel yang melanggar agar tidak ditindak google

      Hapus
  3. saya minta link untuk minta maaf ke dcma dong kak

    BalasHapus
  4. Kemarin saya abaikan itu komplai dmca...

    Terus aku publikasikan ulang postnya, dan alhasil apes banget blog Toplevel domain sekaligus di hapus google semua.

    Bener harus hati hati,

    BalasHapus