Jumat, 23 September 2016

Cara Daftar Blog di FeedBurner untuk Mencegah Pencurian Artikel / Konten, AutoBlog dan Blog AGC

Hari ini saya sangat kaget sobat blogger. Blog saya terbilang masih baru, bisa dikatakan seumur jagung yang baru di tanam. Tapi saya kaget melihat semua konten / artikel saya di copas oleh blog lain. Tidak ada yang berbeda bahkan semua kata dan gambarnya bersal dari blog deretan informasi yang saya buat.

Saya curiga itu adalah blog AGC (auto generated content) atau biasa disebut autoblog. Semua konten saya ada di blog itu, dan saya merasa terganggu dan tidak terima. Biasanya saya berfikir dan memerlukan waktu yang lama untuk membuat sebuah artikel bahkan saya menulis pengalaman-pengalaman pribadi saya dalam sebuah artikel. Tapi dengan mudah dan gampangnya para spamer melakukan autoblog kepada artikel-artikel saya tersebut.

Jika mengalami hal yang saya dengan saya, yaitu mengalami pencurian konten / artikel blog AGC. maka kalian bisa mengikuti tutorial langkah-langkah untuk mengatasinya di bawah ini :

Cara Mengatasi Pencurian Konten

Pertama-tama yang harus di lakukan adalah mendaftarkan blog / website / situs kalian ke FreedBurner. Bisa langsung masuk ke halaman ini ( FreedBurner ). Maka kalian akan masuk ke halaman seperti gambar dibawah ini :


Isi kotak kosong itu dengan url feed default blog anda
  • Untuk WordPress; http://yoursite.com/feed/
  • Untuk blogger; http://yoursite.blogspot.com/feeds/posts/default/

Setelah itu centang tulisan I am a podcaster! dan kemudian klik Next.

Cara Daftar Blog di FeedBurner untuk Mencegah Pencurian Artikel / AutoBlog dan Blog AGC

Setelah blog / website terdaftar, maka kalian pilih My Fleed. Jika susah mencarinya kalian masuk ulang ke sini ( FreedBurner ). Lihat gambar di atas, angka no 2 klik sesuai nama blog yang didaftarkan. Jika sudah ada sebelumnya hapus 1. Jangan membuat 2 Feed sekaligus. 

Langsung saja klik nama blog yang ada kemudian kalian cari Optimize seperti gambar di bawah ini :

Cara Daftar Blog di FeedBurner untuk Mencegah Pencurian Artikel / AutoBlog dan Blog AGC

Setelah klik Optimize kalian klik Summary Burner, maka akan muncul seperti gambar di bawah ini :

Cara Daftar Blog di FeedBurner untuk Mencegah Pencurian Artikel / AutoBlog dan Blog AGC

Kalian bisa ikuti seperti apa yang saya buat pada gambar di atas. Setelah itu klik Save / simpan.
Dan terakhir yang harus kalian lakukan adalah memasang Fleed yang baru kalian buat ke dalam blog, caranya seperti ini :

Cara Daftar Blog di FeedBurner untuk Mencegah Pencurian Artikel / AutoBlog dan Blog AGC

Masuk ke dalam akun blogger kalian, cari Setelan ( paling bawah ). Setelah itu klik lainnya.
Pada bagian Izinkan Umpan Blog kalian ubah menjadi singkat.
Pada bagian Posting URL Pengubahan Arah Feed letakkan fleed yang tadi dibuat di FeedBurner.

Lupa dengan URL Fleed yang dibuat ? Bisa dilihat dengan cara dibawah ini :

Cara Daftar Blog di FeedBurner untuk Mencegah Pencurian Artikel / Konten, AutoBlog dan Blog AGC

Caranya sama seperti mencari Optimize, bahkan letaknya ada di atas Optimize dan di bawah judul.

Feedburner ini berfungsi untuk mengatur umpan pada blog kita untuk dapat menentukan kiriman umpan ke seluruh situs-situs agregator yang berada di internet. Termasuk situs agregator yang biasa digunakan oleh para autoblog.

Jika feed ini kita tutup maka situs agregator yang dimanfaatkan oleh auto blog untuk menyalin artikel kita tidak akan berfungsi lagi, karena tidak lagi mendapat kiriman umpan dari feedburner yang berasal dari blog kita tersebut.

Ok, itulah pembahasan tentang Cara Daftar Blog di FeedBurner untuk Mencegah Pencurian Artikel / Konten, AutoBlog dan Blog AGC. Dengan cara di atas blog akan aman dari serangan hacker dan cracker ataupun spamer yang ingin menjatuhkan dan mencuri artikel ataupun konten blog.

Belum puas dan belum mendapatkan hasil ? Ingat juga melaporkan artikel copas tersebut ke google DMCA. Baca juga artikel ini : Cara Melaporkan Blog Copas / Pencurian Konten Ke Google DMCA Terbaru.

Share this

0 Comment to "Cara Daftar Blog di FeedBurner untuk Mencegah Pencurian Artikel / Konten, AutoBlog dan Blog AGC"

Posting Komentar